Menu

Items filtered by date: Friday, 09 March 2018

Penambahan APK dan BK Harus Persetujuan KPU

BEKASI TIMUR – Komisioner KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni menyampaikan, setiap paslon walikota Bekasi di Pilkada serentak 2018 ini, diperkenankan menambah jumlah bahan kampanye (BK), sebanyak 100%. Sedangkan, untuk APK sebanyak 150 % dari total yang difasilitasi KPU.

 

Namun demikian, kata Nurul, untuk penambahan produksi bahan kampanye dan APK paslon ini tentunya, harus melalui persetujuan dari pihak KPU selaku penyelenggara Pilkada serentak 2018. Untuk itu, bagi setiap tim paslon wajib membuat surat persetujuan tertulis dulu sebelum mencetak.

 

“Surat harus melampirkan design, ukuran, dan jumlah bhan kampanye dan APK yang akan diproduksi atau ditambahkan. kalaupun, ingin membuat design berbeda dari yang sudah ada silakan, asal sesuai aturan dan ketentuannya,” ujar Nurul.

 

Menurut Nurul, desain dan materi bahan kampanye dan APK tambahan itu dapat memuat nama, nomor, visi, misi, program, foto Pasangan Calon, tanda gambar Partai Politik atau Gabungan Partai Poitik dan/atau foto pengurus Partai Politik atau Gabungan Partai Politik.

 

“Tapi dari design dan materi itu tim paslon dilarang untuk mencantumkan foto atau nama Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesiadan/atau pihak lain yang tidak menjadi pengurus partai politik. Adapun soal ukuran tetap mengikuti yang ada,” jelas Nurul.

 

Terakhir, diakui Nurul, berdasrkan aturan PKPU nomor 4 tahun 2017 terkait penambahan bahan kampanye dan APK ini, setiap tim paslon diwajibkan untuk menyerahkan bukti pemesanan dari produksi cetaknya ke KPU. (tim)

Read more...

Tugas Makin Berat, PPK Diminta Jaga Kesehatan

BEKASI SELATAN – Tugas anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) pada pemilu 2019 nanti bakal lebih berat. Pasalnya, personil mereka berkurang dari 5 orang menjadi tiga orang di setiap kecamatanntya.

 

“Meskipun pekerjaan semakin bertambah dan jumlah personilnya semakin berkurang, itu menjadi tantangan tersendiri, bersemangatlah , jangan mengeluh, jangan berputus asa,”tegas ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmarasandi

 

Ucu berharap kepada semua PPK agar meningkatkan kreativitas , dan inovasi , tak lupa juga bantuan dan dukungan semua pihak terhadap kesuksesan pelaksanaan pemilihan umum 2019 ini,”Karena tugas PPK sangat berat karena tugasnya sekaligus dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan pemilihan Bupati , maka diperlukan peningkatan koordinasi dan komunikasi.”imbuhnya.

 

Dia juga meminta anggota PPK untuk selalu menjaga kesehatnnya. Pasalnya, dalam bertugas nantinya anggota PPK tidak mengenal waktu,”Nanti kita pasti akan begadang, maka dari itu anggota PPK harus menjaga kesehatannya,”tandasnya. (tim)

 
 
Read more...

KPU Lantik Anggota PPK Pemilu 2019

BEKASI SELATAN – Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi, melantik  36 anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK)  yang nantinya akan bertugas di 12 Kecamatan di Kota Bekasi pada peilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang. Pelantikan dilaksanakan di aula TB Hendy Irawan, kantor KPU Kota Bekasi jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur Kota Bekasi.

 

Pelantikan tersebut, selain di saksikan langsung oleh komisioner KPU Kota Bekasi, juga Panitia Pengawas Pemilu (pnwaslu) Kota Bekasi, kamis malam (8/3).

 

Ada yang membedakan komposisi anggota PPK Pemilu tahun 2019 dengan peilihan kepala daerah Kota Bekasi maupun Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahub 2018 ini. Dalam pilkada serentak, anggota PPK setiap kecamatan sebanyak 5 orang, namun untuk pemilu 2019 nanti hanya sebanyak 3 orang.

 

“Perekrutan PPK Pilgub 2018 masih menggunakan dasar hukum Undang-Undang No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Bupati/Walikota dimana jumlah anggota PPK sebanyak 5 orang. Sedangkan untuk Pemilu Tahun 2019 menggunakan dasar Undang-undang No.7 Tahun 2017 dimana dalam Pasal 52 ayat (1) menetapkan jumlah anggota PPK sebanyak 3 orang,” kata ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmarasandi.

 

Ucu mengaku,  orang anggota PPK yang akan bertugas dalam Pemilu Tahun 2019 telah melalui proses Evaluasi secara berjenjang, di tingkat PPK dan di KPU Kota Bekasi. Ucu mengaku optimis, 3 orang yang dilantik menjadi anggota PPK saat ini mampu melaksanakan tugas berat pada pelaksanaan tahapan Pemilu Tahun 2019 mendatang, karena mereka sudah berpengalaman.

 

“Kami minta anggota PPK yang tidak tergabung dalam PPK Pemilu 2019 nanti, tetap semangat menjalankan tugasnya dalam pilkada serentak 2018. Kami ucapkan selamat, dan jaga kesehatan,”tandasnya. (tim)

 

 

 

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.