Menu

Items filtered by date: Thursday, 05 July 2018

KPU Gelar Pleno Rekapitulasi Pilwalkot Bekasi 2018

BEKASI SELATAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi,  melakukan pleno hasil rekapitulasi perhitungan suara pada Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Bekasi, Kamis (5/7) malam. Rapat pleno dilakukan di Hotel Horison Bekasi.

 

Menurut Komisioner KPU Kota Bekasi, Divisi Sosialisasi dan SDM, Nurul Sumarheni, pelno itu berdasarkan hasil perhitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilakukan sejak 28 Juni 2018, belum lama ini.

 

“Kami akan rekap per kecamatan. Jadi nanti ketua PPK itu akan membacakan hasil rekap di kecamatannya masing-masing, kemudian kami tuangkan ke aplikasi penghitungan, kemudian setelah itu baru ditetapkan sebagai hasil rekapitulasi tingkat kota,” kata Nurul.

 

Setelah pleno rekapitulasi suara dan penetapan hasil, pada 10 Juli 2018 akan diadakan rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih.Namun, dengan catatan bahwa tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dari pasangan calon yang menolak hasil rapat pleno rekapitulasi suara dan penetapan hasil.

 

“Jadi nanti yang selanjutnya itu adalah penetapan pasangan calon terpilih yang setelah proses register di MK kalo tidak ada yang menggugat, baru kami akan melaksanakan pleno penetapan pasangan calon terpilih,” ujar Nurul.

 

Jika ada pasangan calon yang menolak hasil rapat pleno rekapitulasi suara dan penetapan hasil, paslon tersebut diperbolehkan melakukan gugatan ke MK satu hari setelah rapat rekapitulasi.

 

Rapat penetapan paslon terpilih pun akan diadakan tiga hari setelah keluarnya hasil putusan MK soal gugatan dari paslon yang menolak hasil rapat pleno rekapitulasi.(tim)

Read more...

Pendaftaran Bacaleg Resmi Dibuka

BEKASI TIMUR Komisi Pemilihan Umum (KPU)secara resmi membuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) bagi seluruh Partai Politik (parpol) yang ada di Kota Bekasi.

 

Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, mengatakan jika pendaftaran akan berlangsung hingga tanggal 17 Juli mendatang.

 

Pembukaan pendaftaran Bacaleg ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

 

Dengan demikian, ia mengimbau seluruh parpol untuk tidak lupa mengisi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) terlebih dahulu.

 

Melalui Silon pendaftaran dilakukan sistem on-line. Kemudian parpol melengkapi berkas secara fisik dan menyerahkannya ke kantor KPU Kota Bekasi.

 

“Kami sudah meminta parpol untuk isi Silon sebulan yang lalu, baru fisiknya diserahkan untuk diverifikasi secara manual,” kata dia.

 

Disamping itu, jelas Ucu, untuk informasi lebih jelas dan terperinci, pengurus Parpol yang belum mengerti bisa membuka aturan PKPU nomor 20.“Dalam tenggang waktu selama sepuluh hari, Parpol mempersiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan baik fisik maupun on-line,” jelasnya.

 

Persyaratan yang dibutuhkan untuk masing-masing Bacaleg yang akan ikut bertarung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang dijadikan satu bundel berkas.“Semua persyaratan yang sudah lengkap dijadikan satu bundel berkas, tanpa terpisah, agar memudahkan petugas memverifikasi,” ujar Ucu.

 

Untuk diketahui, KPU Kota Bekasi akan membuka pelayanan pendaftaran setiap hari dimulai pukul 08.00-16.00 WIB, layaknya jam kantor. Hanya saja, kata dia. Pada hari terakhir jam pelayanan diperpanjang hingga pukul 24.00 WIB.

 

Pasca pendaftaran, KPU akan melakukan verifikasi berkas sekaligus konfirmasi, serta klarifikasi terhadap parpol ataupun instansi lain mengenai berkas-berkas yang sudah diserahkan.“Apabila ada syarat yang kurang, ada masa perbaikan yang diberikan,” tandasnya.(tim)

 

 

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.