Menu

Items filtered by date: Monday, 26 March 2018

KPU Ajak Mahasiswa Sosialisasikan Tahapan Pilkada

BEKASI SELATAN - Mahasiswa memiliki peran yang besar dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018 nanti. Sebab, kalangan mahasiswa bisa menjadi agen perubahan dan mampu memberikan edukasi politik kepada masyarakat. Demikian ditegaskan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Sosialisasi dan SDM, Nurul Sumarheni.

 

Menurutnya, apabila mahasiswa tidak memberikan suaranya, maka akan berpengaruh dalam partisipasi di Pilkada Serentak 2018. Terlebih lagi, sekarang ini banyak partai politik (papol) yang mengamati pergerakan mahasiswa dan menjadi pemilih potensialnya.

 

Nurul menjelaskan, meskipun jumlahnya sedikit, namun mahasiswa bisa menyebarkan gagasan dan mengajak masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menggunakan dan menyalurkan hak pilihnya. 

 

Lewat mahasiswa juga sebagai ujung tombaknya, maka upaya KPU untuk memberikan edukasi politik kepada masyarakat bisa berhasil.

 

"Kalangan mahasiswa ini kan memang segmen yang elit di kelas sosial kita. Dari sisi jumlah memang engga banyak, tapi peran sosialnya yang sangat besar," ujar Nurul, Senin (26/3).

 

Oleh karena itu, menurutnya, penting bagi KPU untuk menyasar kelompok masyarakat ini. Mereka perlu menjadi agen-agen yang menyebarluaskan gagasan bahwa pesta demokrasi itu penting. 

 

"Masyarakat luas perlu terlibat aktif dalam memberikan suaranya," tuturnya.

 

Nurul menegaskan, KPU tidak pernah alergi untuk mengajak mahasiswa ikut memberi edukasi politik kepada masyarakat.  (Tim)

 

Read more...

Belum Terdaftar di DPS, Warga Diminta Segera Lapor

BEKASI  TIMUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi,  menghimbau kepada  masyarakat berperan aktif memeriksa  identitasnya sendiri dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Kota Bekasi 2018.

 

Masyarakat bisa melapor bila belum tercantum hingga terjadi kesalahan data. Hal itu juga berguna untuk mendeteksi data ganda dan menjadi perekaman data pemilih untuk pemilu selanjutnya secara berkesinambungan.

 

"Masyarakat dapat mengecek langsung di laman kpu.go.id untuk mengetahui apakah namanya sudah tercantum dalam daftar pemilih. Silakan lapor kalau perlu ada proses perbaikan," kata Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Perencanaan dan Data, Syafrudin, Senin (26/3).

 

Setelah penetapan DPS, pengecekan nama dapat dilakukan pada laman http://infopemilu.kpu.go.id/pilkada2018/pemilih/dps/1/nasional. Juga diumumkan di PPS dan RT/RW untuk ditanggapi oleh masyarakat. 

 

"Bila ada warga yang belum masuk DPS maka harus diperbaiki dan lapor ke PPS dan PPK untuk menjadi daftar pemilih yang baru," katanya.

 

Berdasarkan data KPU Kota Bekasi, DPS 2018 yaitu pemilih Laki-laki  689.505 jiwa, pemilih perempuan 693.513 jiwa, sehingga total pemilih 1.383.018 jiwa dari 12 kecamatan dan 56 kelurahan yang ada di Kota Bekasi.

 

Dia berharap, masyarakat berperan aktif melapor ke KPU jika menemukan adanya kesalahan dalam pencantuman data pemilih. 

 

"Kalau sudah menemukan seperti itu, masyarakat perlu juga diminta keaktifannya. Jadi masyarakat bisa melapor ke KPU supaya bisa mempercepat proses pemutakhiran datanya," tuturnya. 

 

Data pemilih dari DPS masih akan terus berubah dan terus dimutakhirkan hingga ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Bekasi 2018. (Tim)

Read more...

Kirab Jalan Santai Dimeriahkan Kesenian Tradisional

BEKASI SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, memiliki banyak cara untuk mensosialsiasikan tahapan Pemilihan kepala daerah Serentak 27 Juni 2018 nanti. Diantaranya melali kirap budaya jalan santai.

Ya, kegiatan yang dibarengi dengan hari bebas kendaraan atau Car Free Day di jalan A Yani tersebut, mendapat perhatian warga yang sedang berolah raga. Pasalnya, kirap budaya jalan santai yang dimulai pukul 06.30 WI ini diisi dengan atraksi sejumlah kesenian tradisional, diantaranya seperti tarian jatilan atau kuda lumping serta ondel-ondel.

Tidak hanya itu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang menjadi peserta kirab jalan santai tersebut mengenakan pakaian pangsi. Sementara peserta lainnya ada yang mengenakan pakaian olahraga.

"Sengaja jalan santai ini dibuat nuansa kebudayaan yang beragam karena memang, masyarakat di Kota Bekasi terdiri dari beragam suku dan budaya," kata komisioner KPU Kota Bekasi, Kanti Prayogo di sela-sela kegiatan.

Dengan cara seperti ini, Kanti berharap sosialisasi yang dilakukan bisa dengan mudah di terima masyarakat luas, khususnya warga Kota Bekasi yang sedang menikmati hari bebas kendaran sembari berolahraga.

“Kami sangat berharap, dengan sosialsiasi ini partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 27 Juni 2018 nanti akan bertambah,”tegasnya.

Sementara itu, selama berlangsungnya kirab jalan santai, alah seorang panitia dengan menggunakan pengeras suara meneriakan himbauan dan mengingatkan kepada warga Kota Bekasi agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni 2018. (tim)

Read more...

Gelar Kirab Budaya Jalan Santai Berlangsung Meriah

BEKASI SELATAN –Ratusan masyarakat Kota Bekasi, mengikuti kirab jalan santai yang diselenggarakan oleh KPU Kota Bekasi, minggu pagi (25/3). Kegiatan yang di pusatkan di jalan A Yani bekasi selatan tersebut, dimulai pukul 06.30 WIB.

Selain masyarakat Kota Bekasi, kirab jalan santai tersebut diikuti oleh seluruh anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Petugas pemutahiran Data Pemilih (PPDP) dan Relawan demokrasi serta agen sosialsiasi.


"Kirab jalan santai ini, kita lakukan sebagai kegiatan sosialiasasi Pilkada serentak 2018 kepada seluruh warga Kota bekasi khususnya, warga yang berada di lokasi car free day," kata Komisioner KPU Kota Bekasi Kanti Prajogo.

Rute kirab jalan santai KPU Kota Bekasi itu dilakukan dengan mengelilingi area Car Free Day dimulai, dari depan Bakso Lapangan Tembak Senayan lalu, berputar di lampu merah Kayuringin dan berjalan lagi sampai flyover sumarecon, hingga berputar kembali ke tempat awal sebelumnya.

Seusai berjalan santai, seluruh pasukan kirab pun diajak bersenam poco-poco bersama di depan panggung acara yang bertempat di parkiran warung bakso lapangan tembak senayan, serta pembagian hadiah.


Kasubbag Umum Keuangan dan Logistik KPU Kota Bekasi  Sufyan Hariyanto menambahkan, kegiatan ini sejatinya sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bekasi ke-21."Sebelumnya kegiatan ingin kita laksanakan pada tanggal 10, tetapi karena ada kegiatan lain kita undur, intinya di bulan Maret," ujarnya.(tim)

 

 

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.