Menu

Items filtered by date: Saturday, 06 January 2018

Antisipasi Kerusuhan, Polisi Gelar Simulasi Pilkada Kota Bekasi

BEKASI TIMUR - Simulasi pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilikad)  Kota bekasi 27 Juni 2018 berlangsung meriah. Kegiatan yang digelar oleh Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, Jumat (5/1/2018)  dilaksanakan di lapangan  Alun-alun Kota Bekasi.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi mengungkapkan, simulasi pengamanan sangat penting bagi KPU Kota Bekasi sebagai penyelenggara pilkada Tahun 2018.Dengan melihat simulasi pengamanan ini sebagai pengingat pihaknya bahwa saat ini sudah memasuki tahapan krusial pilkada.

"Tahapan krusial ini yang sangat berpotensi terjadinya gangguan keamanan. Tentunya dengan simulasi yang kita lihat bahwa anggota polisi dan Brimob telah melakukan latihan sebagai langkah antisipasi pengamanan selama pilkada," kata dia
.

Menurutnya, saat ia melihat simulasi pengamanan tersebut, secara psikologis  pihaknya
menilai salah satu aspek ketidakpuasan dalam proses pemilihan dapat menimbulkan permasalahan keamanan.

"Jadi ini semacam warning bagi kita bahwa integritas dalam penyelenggaran pilkada  harus dapat dilaksanakan dengan baik," tuturnya.

KPU Kota Bekasi memberikan apresiasi kepada Polres Metro Bekasi Kota dan unsur jajaran lainnya, seperti TNI yang telah menggelar apel gelar pasukan pengamanan pilkada.

"Simulasi ini memberikan gambaran-gambaran yang memungkinkan semua bentuk kerawanan dapat terjadi dan ini sudah diprediksi oleh kepolisian. Untuk itu kita berharap pelaksanaan Pilkada Kota Belasi dapat berjalan sukses tanpa ada kendala apapun," tandasnya. (Tim)

Read more...

KPU Ingatkan Mendaftar Jangan Mepet Waktu

BEKASI TIMUR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi, mengingatkan kepada Partai Poolitik (Parpol) pengusung calon walikota dan wakil walikota Bekasi peserta Pemilukada Kota Bekasi 2018, agar mendaftarkan pasangan yang diusung tidak mepet waktu atau last minute.

Berkaca pada pemilukada Kota Bekasi tahun-tahun sebelumnya, peroses pendaftaran biasanya dilaksanakan saat menjelang penutupan pendaftaran,”Kami sangat mengharapkan kepada Parpol yang akan mendaftarkan pasangannya menjadi peserta Pemilukada Kota Bekasi, agar   tidak mepet waktu,”kata komisioner KPU Kota Bekasi, Syafrudin.

Dia menegaskan, pendaftaran bakal Pasangan calon dilaksanakan pada tanggal 8 – 10 Januari 2018 mulai pukul 08,00 WIB sampai pukul 16.00 WIB di Kantor KPU Kota Bekasi. Sementara pada hari terakhir,  pendaftaran di tutuphingga pukul 00.00 WIB.

Berdasarkan Keputusan KPU Kota Bekasi Nomor 08/HK.03.1-Kpt/3275/KPU-Kota/IX/2017 tentang Persyaratan Pencalonan untuk Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bekasi Tahun 2018, persyaratan pencalonan untuk Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dapat mengajukan bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yaitu, memperoleh paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi atau sebanyak 10 (sepuluh) kursi atau 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu DPRD Kota Bekasi Tahun  2014, atau sebanyak 258.748 (dua ratus lima puluh delapan ribu tujuh ratus empat puluh delapan) suara sah.

“Dalam hal Partai Politik atau Gabungan Partai Politik mengusulkan Bakal Pasangan Calon menggunakan ketentuan memperoleh paling sedikit 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah, ketentuan tersebut hanya berlaku bagi Partai Politik yang memperoleh kursi di DPRD Kota Bekasi hasil Pemilihan Umum Tahun 2014.”paparnya.(tim)

 

Read more...

KPU Resmikan Gerakan Coklit

BEKASI TIMUR - KPU RI meresmikan gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) Pilkada Serentak 2018. Gerakan coklit ini dilakukan untuk pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih. Peresmian ini terselenggara di aula LPPI, Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Jumat (5/1).

Peluncuran KPU Mencoklit ini digelar bersamaan dengan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Pilkada 2018. Bimtek
yang dilaksanakan selama tiga hari ini, di ikuti komisioner KPU dari  31 provinsi dan 381 kabupaten/kota.

"Saat ini kami sedang persiapkan pemilahan DP4 menjadi Daftar Pemilih ke dalam formulir Model A.KWK sebagai bahan coklit PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih)," kata Komisioner KPU Kota Bekasi, Syafrudin.

Langkah selanjutnya, kata Syafrudin, KPU Kota Bekasi pada tanggal 8-9 Januari akan melaksanakan pengarahan berupa Bimtek kepada Operator Data Pemilih (ODP) PPK dan anggota PPS yang membidangi daftar pemilih.

Setelah itu, pada tanggal 14 Januari juga alan melakukan Bimtek Coklit kepada PPDP oleh ketua dan anggota PPK/PPS. Sekaligus, pelantikan atau pengukuhan PPDP yang diberikan SK PPDP dari KPU Kota Bekasi.

"Insyaallah tanggal19 Januari dilakukan apel siaga coklit di masing-masing PPK (Kecamatan) secara serentak pada pukul 14.00 WIB. PPDP berseragam rompi, setelah gelar apel siaga tersebut, PPDP bersama personil PPK/PPS mensosilisasikan ke beberapa warga bahwa pada tanggal 20 Januari akan dilakukan coklit data pemilih secara serentak nasional ke rumah warga pemilih," tandasnya. (Tim)

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.