Menu

Items filtered by date: Wednesday, 08 November 2017

KPU Genjot Partisipasi Pemilih Pemula

BEKASI TIMUR – Menjelang pelaksanaan Pemilukada serentak 2018,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula. Sosialisasi dilakukan dengan mengunjugi sejumlah sekolah di Kota Bekasi.

KeKomisioner KPU Kota Bekasi Yayah Nahdiyah mengatakan, sosialisasi ini untuk meningkatkan dan menggugah partisipasi masyarakat, khususnya pemilih pemula agar berpartisipasi dan menggunakan hak suaranya dalam Pemilkada serentak 2018 nanti.

”Kami di KPU Kota Bekasi sudah melaksanakan sosialiasi ke sekolah di dalam penyelenggaraan pilkada serentak 2018 sejak setahun yang lalu. Sosialisasi ke sekolah-sekolah kami genjot. Karena di sekolah menjadi tempat para pemilih pemula,” kata Yayah, kemarin.

Sosialisasi ke sekolah, lanjutnya, dengan memperkenalkan peroses Pemilukada hingga cara menggunakan hak pilih,”Untuk saat ini memang belum memperkenalkan calon peserta pemilukada kepada pemilih pemula. Karena memang tahapannya saja belum dimulai. Kami hanya megingatkan sebentar lagi akan dilaksanakan Pemilkada serentak,”paparnya.

Selain menyasar sekolah, jajarannya juga terus intens melakukan sosialisasi ke masyarakat, terkait pentingnya mengantongi KTP maupun E-KTP. Sebab dasar perekamanan E-KTP itu yang menjadi acuan penentuan pemilih. “Supaya jangan sampai, hanya gara-gara permasalahan itu, mereka tak bisa memilih,” tegasnya.(tim)

 

Read more...

Anggota PPS Terpilih Dilantik 11 November

BEKASI TIMUR – Sebanyak 168 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat kelurahan, akan dilantik  11 November mendatang. Pelantikan oleh KPU Kota Bekasi ini, akan dilaksanakan di gedung Islamic Center Bekasi.

Komisioner KPU Kota Bekasi Nurul Sumarhaeni mengatakan, ke 168 anggota PPS terpilih tersebut sebelumnya telah menjalani rangkayan seleksi, mulai tes administrasi, ter tertulis dan tes wawancara,”Hari ini nama-nama PPS terpilih di umumkan di setiap kelurahan,”katanya.

Nantinya, sebanyak 168 anggota PPS tersebut akan dibagi dalam 56 kelurahan. Setiap kelurahan akan dipilih tiga orang menjadi anggota PPS. "Penempatannya akan disesuai domisili anggota PPS,”kata Nurul.

Wanita berjilbab ini menambahkan,  usai pelantikan PPS akan diteruskan dengan  bimbingan teknis (Bimtek). Bimtek tersebut dilakukan agar anggota PPS lebih mengetahui tugasnya dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 endatang.

”Bimtek dilakukan dengan pendalaman materi serta tugas dan tanggung jawabnya. Hal ini dilakukan agar PPS memiliki pengetahuan banyak tentang kepemiluan,”tandasnya. (tim)

 

Read more...

KPU Ingatkan Petahana Jelang Pilkada

BEKASI TIMUR – Ada  beberapa hal yang tidak boleh dilakukan petahana jelang Pilkada Kota Bekasi 2018. Di antaranya dilarang melakukan pergantian pejabat sejak enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan.

Selanjutnya, petahana juga dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan pemerintah daerah untuk kegiatan pemilihan, sejak enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih.

“Jika bakal calon selaku petahana melanggar ketentuan pertama dan kedua, petahana yang bersangkutan dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon,” ujar Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi.

Selain itu, lanjut Ucu, petahana juga bersedia cuti dari jabatannya sejak ditetapkan sebagai calon jika mencalonkan diri di pilkada.

“Bersedia untuk cuti di luar tanggungan negara selama masa kampanye jika mencalonkan diri di daerah yang sama,” ujarnya.

“Mengacu tahapan pilkada 2018, penetapan pasangan calon pada 12 Februari 2018,” lanjutnya.

Sedangkan untuk tahapan kampanye dimulai 15 Februari 2018-23 Juni 2018. Selain itu, iklan ataupun sosialisasi calon ataupun pasangan calon di pilkada menjadi perhatian serius.

“Enam bulan sebelum pemilihan dilarang iklan di media, incumbent juga dilarang sosialisasi pribadi berkedok program seperti advetorial menggunakan dana APBD,” katanya.

Menurut Ucu, partisipasi media massa sangat diperlukan pada proses pesta demokrasi. Memahami aturan soal pemasangan iklan calon kepala daerah merupakan salah-satu partisipasi penting media.

“Harus diakui pers selain sarana mencerdaskan masyarakat tapi juga menjadi sarana kepentingan politik. Nah, di sinilah integritas media itu diuji,” ungkapnya.(tim/sar/pj/gob)

 

Read more...

Persiapan, KPU Ikuti Bimtek Pilkada Serentak

BEKASI SELATAN - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mengikuti  Bimbingan Teknis (Bimtek) Terpadu pilkada serentak di Gumaya Tower Hotel, semarang.

Bimtek Pilkada Serentak 2018 ini dilaksanakan hingga tanggal 11 November,”Hari ini kami akan berangkat ke Semarang untuk mengikuti bimtek Pilkada serentak 2018,”kata komisioner KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarhaeni.

Nurul yang didampingi ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmarasandi mengaku, agenda pembahasan dalam bimbingan teknis terpadu nasional gelombang ke 4  tersebut tentang tahapan agenda kerja pilkada serentak 2018.

"Dalam agenda bimtek akan banyak membahas tahapan pilkada serentak, pengawasan tahapan pencalonan, dan pelaksanaan peradilan pilkada, pelaksanaan kampanye pilkada, pelaporan dana kampanye dan lainnya bersifat teknis," ujarnya. (tim)

 

 

Read more...

Usai Dilantik, Anggota PPK dan PPS mengikuti Pembekalan

Anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih akan menjalani pembekalan awal, Minggu (12/11) hingga Senin (13/11) mendatang.  Dalam pembekalan ini, mereka akan diberikan pembekalan tentang upaya pencegahan pelanggaran dalam proses Pemilu.

Komisioner KPU Kota Bekasi Yayah Nahdiyah menyampaikan, materi soal upaya preventif dalam pelanggaran Pemilu akan disampaikan langsung oleh anggota dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi. Tujuannya, agar pelanggaran dalam proses pemilihan umum bisa lebih dulu ditangani anggota PPK dan PPS.

“Segala bentuk pelanggaran kami harap bisa dihindarkan oleh pada anggota PPK dan PPS,” ungkap Yayah, Rabu (8/11).

Yayah menjelaskan, pembekalan akan dilakukan di daerah Ciloto, Puncak, Jawa Barat. Selain materi dasar soal tugas dan fungsi dari anggota PPK dan PPS, anggota KPU pun akan memberikan materi soal kelembagaan dan kode etik penyelenggaraan pemilu.

Khusus kepengurusan sekretariag PPK dan PPS akan menjelaskan bagaimana pengelolaan keuangan. “Sepintas soal logistik pun akan kami jelaskan dalam pembekalan satu malam itu, peserta akan berangkat pada Minggu (12/11) pagi dan pulang keesokan harinya, Senin (13/11),” kata dia. (Gan)

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.