Menu

Items filtered by date: Tuesday, 06 February 2018

Akun Medsos Kampanye Wajib Didaftarkan

BEKASI TIMUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mewajibkan masing-masing bakal pasangan calon (bapaslon) untuk mendaftarkan akun media sosial (medsos) untuk kampenye di Pilkada 2018.

"Ya, harus didaftarkan ke KPU, itu nanti akan kami awasi juga," kata Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Umum dan Keuangan, Kanti Prayogo, Senin (5/2).

 

Kanti mengatakan, lembaganya akan memberikan pengumuman kepada masyarakat terkait akun kampanye resmi bapaslon wali kota dan wakil wali kota Bekasi.

 

"Kita akan umumkan juga nanti akun resmi masing-masing bapaslon, mereka daftarakan akun itu setelah sudah kami tetapkan sebagai pasangan calon (paslon)," katanya.

 

Untuk mendaftarkan akun Medsos kampanye, paslon harus mengisi formulir Model BC4-KWK. Formulir ini merupakan formulir pendaftaran akun media sosial pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Walikota dan Wakil Walikota.

 

Nantinya formulir ini dibuat sebanyak 4 rangkap untuk disampaikan kepada KPU, Bawaslu, Kepolisian, dan sebagai arsip pasangan calon. Formulir ini dapat dilihat di dalam lampiran Peraturan KPU 4 Tahun 2017.

 

Proses pendaftaran akun ini sesuai pada aturan yang terdapat pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017 pasal 47 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. (tim)

 

 

 

Read more...

KPU Buka Lelang Bahan Kampanye

BEKASI TIMUR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi membuka lelang bahan kampanye Pilkada Bekasi 2018. Pelelangan berlangsung 5 hingga 9 Februari mendatang. Pagu pelelangan bahan kampanye Piilkada Bekasi di atas Rp 200 Juta.

 

Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Umum dan Keuangan, Kanti Prayogo, menyebutkan, lelang bahan kampanye meliputi stiker, brosur, pamflet, dan flier. Penyelenggara pelelangan bahan kampanye di bawah kendai Unit Lelang dan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

 

"Bahan kampanye harus dilelang. Sementara APK hanya penunjukan langsung karena nilainya di bawah Rp 200 Juta," ujar Kanti , Senin (5/2).

 

Pelelangan bahan kampanye Pilkada Kota Bekasi 2018 berlaku bagi seluruh perusahaan di Indonesia. KPU Kota Bekasi menyerahkan seluruh proses pelelangan kepada ULP Pemkot Bekasi.

 

Kanti menjelaskan, syarat bagi pelelang adalah kepemilikan mesin cetak bahan kampanye. Selain itu, kapasitas hasil cetakan yang dihasilkan juga ditentukan. Yakni mengikuti desain masing-masing bakal pasangan calon (bapaslon).

 

ULP Pemkot Bekasi setelah memproses pelelangan akan menyerahkan ke KPU Kota Bekasi. 

"Setelah itu kami pertemukan dengan masing-masing bapaslon. Kita harapkan tanggal 14 sudah ada desain-desainnya," terang Kanti.

 

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi mengungkapkan, hasil pelelangan juga akan diumumkan melalui website KPU Kota Bekasi

 

Dia menuturkan KPU Kota Bekasi tidak memiliki wewenang mengawasi jalannya pelelangan. Pasalnya, itu menjadi wewenang ULP Pemkot Bekasi sebagai penyelenggara pelelangan bahan kampanye.

 

Selain itu, Ucu menjelaskan, setiap bapaslon boleh menambahkan jumlah bahan kampanye dan Alat Peragak Kampanye (APK). "Penambahan bahan kampanye 100 persen dari yang ditentukan. Sementara bisa ditambah 150 persen," ungkap Ucu.

 

Dia menambahkan, proses lelang diharapkan sesuai yang dijadwalkan. Sehingga, proses berikutnya dapat mempercepat pembuatan bahan kampanye. “Karena setiap pemenang lelang harus langsung bergerak cepat,” tandasnya. (Tim)

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.