Menu

Items filtered by date: Thursday, 15 February 2018

Tujuh Poin Disepakati Untuk Menyukseskan Deklarasi Kampanye Damai

BEKASI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama tim pemenang masing-masing Paslon, aparat penegak hukum serta Panwaslu Kota Bekasi menyepakati tujuh poin dalam rapat pelakasanaan deklarasi kampanye damai pada Minggu (13/2) mendatang.

Hal ini disepakati dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan deklarasi kampanye damai di Kantor KPU Kota Bekasi, Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur, Kamis (15/2).

Adapun, tujuh poin yang dimaksudn adalah pertama, mewujudkan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bekasi Tahun 2018 yang berkualitas dengan berazaskan langusung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, damai serta menujunjung prinsip etika politik dalam berkompetisi elektoral.

Kedua, saling menghormati masing-masing pasangan calon (Paslon) kepala daeran dan wakil kepala daerah dalam melaksanakan kampanye sesuai dengan perundag-undangan yang berlaku.

Ketiga, tunduk dan taat kepada peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan kampanye serta akan menjaga ketertiban dan keamanan dalam setiap kegiatan kampanye.

Keempat, menyelesaikan masalah yang terjadi sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dan tidak akan melakukan segala bentuk kekerasan, intrik, intimidasi, provokasi selama pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada.

Kelima, menerima perolehan hasil suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bekasi Tahun 2018, yang nanti akan ditetapkan oleh KPU Kota Bekasi berdasarkan peraturan yang berlaku.

Keenam, mematuhi dan tidak akan melanggar ketentuan larangan kampanye sebagaimana yang diatur dalam Pasal 69 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 Jo Pasal 66 Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017.

Ketujuh, mematuhi dan menyampaikan seluruh isi deklarasi ini kepada masyarakat Kota Bekasi dan pendukung kami dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bekasi Tahun 2018.

"Kami berharap tidak ada yang melakukan praktik politik uang, Politisasi Sara, maupun Hoax kejahatan kampanye dalam bentuk apapun mohon di perhatikan dari semua pihak yang terlibat," kata Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Umum dan Keuangan, Kanti Prayogo, Kamis (15/2).

Kanti melanjutkan, dalam deklarasi kampanye damai ini akan diikuti 500 orang di REVO Town lantai 1. Masing-masing paslon diperkenankan membawa 200 orang.

"Tidak boleh lebih, kuota hanya bisa menampung 500. Sisanya 100 orang untuk Jajaran KPU Kota Bekasi dan Panwaslu serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," ujar Kanti.

Dalam deklarasi kampanye damai itu, KPU Kota Bekasi akan melakukan karnaval pada saat pelaksanaan hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD). Rutenya adalah REVO Town sampai segitiga terbalik Jalan Boulevard Ahmad Yani.

"Kami dari komisioner KPU, Panwaslu, serta masing-masing Paslon akan menggunakan kendaraan terbuka. Itu agar masyarakat mengenal, mana KPU, mana Panswaslu dan Paslonnya," jelas Kanti.

Kanti menegaskan, pada karnaval di hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) yang diperbolehkan masing-masing tim paslon berjumlah 25 kendaraan termasuk Paslon. Dalam karnaval nanti akan dikawal oleh Satlantas Polres Metropolitan Bekasi Kota.

"Tidak lama, rutenya jika sudah sampai segitiga terbalik, masing-masing tim paslon harus sudah membubarkan diri. Kami harap semuanya dapat mematuhi kesepakatan yang sudah disepakati bersama," tandasnya. (Tim)

Read more...

Kampanye Paslon Diatur dalam Tiga Bentuk

BEKASI TIMUR - Komisioner KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni mengatakan, ada tiga kegiatan yang bisa dilakukan oleh setiap paslon selama masa kampanye. Di antaranya radalah apat umum, rapat terbatas dan pertemuan tatap muka.
 
Nurul menjelaskan, kegiatan rapat umum adalah agenda kampanye akbar di lapangan atau tempat umum. Kegiatan tersebut dilakukan hanya sekali oleh setiap paslon. Untuk rapat terbatas merupakan kampanye yang dilakukan di ruang tertutup seperti gedung.
 
Sedangkan, kata Nurul, untuk pertemuan tatap muka merupakan kegiatan kunjungan para paslon ke masyarakat ataupun pasar dan tempat umum lainnya kecuali, tempat ibadah, gedung pemerintahan, dan sekolah.
 
“Untuk kegiatan rapat umum, waktu dan tempat kita yang memilihnya. Sementara dua kegiatan lain kita serahkan paslon masing-masing untuk membuat jadwal dan menentukan tempatnya. Hanya saja, untuk rapat terbatas jumlah massa kita batasi 1000 orang,” jelas Nurul. (Tim)
 
Read more...

Dana Kampanye Dibatasi Hingga RP43 Miliar

BEKASI TIMUR - Jelang masa kampanye dua pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Bekasi 2018, batasan dana kampanye masing-masing Paslon telah ditentukan. Adapun, batas penggunaan anggaran kampanye tersebut adalah Rp43 miliar. 
 
“Sesuai kesepakatan bersama dengan tim masing-masing Paslon, besaran batasan dana kampanye untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bekasi 2018 ditetapkan, sebesar Rp43 miliar,” ujar Komisioner KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni.
 
Dengan demikian, kata Nurul, pada masa kampanye yang diselenggarakan mulai 15 Februari hingga 23 Juni mendatang para tim pemenangan masing-masing Paslon tidak boleh melebihi batasan anggaran tersebut. 
 
“Jadi, selama proses kampanye yang mereka lakukan dananya akan kita audit dan diharapkan tidak melebihi Batasan dana kampanye tersebut,” kata Nurul. (Tim)
 
 
Read more...

KPU Kota Bekasi Mulai Mensosialisasikan Aturan Kampanye

BEKASI TIMUR - KPU Kota Bekasi mulai mensosialisasikan regulasi dana kampanye kepada perwakilan tim sukses dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi, Rabu (14/2) di Aula TB Hendy, Kantor KPU Kota Bekasi, Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur. 
 
Sosialisasi ini pun sekaligus menjelaskan ketentuan yang diperbolehkan ataupun dilarang dilakukan oleh setiap tim pasangan calon saat pelaksanaan kampanye.
 
Diantaranya, soal dana, agenda kegiatan, tempat, pembuatan alat peraga/bahan kampanye, waktu kampanye, serta apa saja yang dilarang saat kampanye. Pelaksanaan kampanye akan dilakukan mulai 15 Februari hingga 23 Juni mendatang. 
 
Pelaksanaan rapat ini dipimpin oleh dua Komisoner KPU Kota Bekasi antara lain, Komisioner divisi dan perencanaan Syafrudin, serta Komisioner Divisi SDM dan Parmas Nurul Sumarheni. Dihadiri juga oleh Panwaslu Kota Bekasi, dan perwakilan dari masing-masing  tim pasangan calon.
 
Pantauan dilokasi, kegiatan rapat yang sudah digelar sejak pukul 13.00 wib siang tadi, baru selesai dilaksanakan, sekitar pukul 16.00 wib. “Kami berharap, dari hasil rapat ini bisa dijalankan sebaik-baiknya oleh setiap tim pasangan calon,” kata Komisioner KPU Nurul Sumarheni. (Tim)

 

 

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.