Menu

Items filtered by date: Wednesday, 10 January 2018

KPU Adakan Rekrutmen Terbuka ‘Agen Sosialisasi’

BEKASI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi segera melakukan proses perekrutan calon agen sosialisasi secar terbuka mulai 17-20 Januari 2018. Ini dilakukan dalam rangka menyukseskan dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub Jabar 2018, KPU Jawa Barat.

Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Nurul Sumarhaeni, menjelaskan bahwa ada dua persyaratan yang harus dipenuhi tiap calon. Persyaratan umum dan administrasi.

Persyaratan umum, para calon diwajibkan Warga Negara Indonesia dengan batasan usia 17-50 tahun pada saat mendaftar. Pendidikan minimal SMA atau sederajat dan berdomisili di wilayah setempat.

"Tidak menjadi anggota Partai Politik atau mencalonkan diri menjadi Calon Legislatif, sekurang-kurangnya dalam 5 (lima) tahun terakhir," kata Nurul, Rabu (10/1).

Para calon harus memiliki komitmen menjadi Agen Sosialisasi, terdaftar sebagai pemilih, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik bertanggung jawab dan berakhlak baik, bukan bagian dari penyelenggara pemilu, memiliki pengalaman terkait kegiatan penyuluhan atau aktif dalam organisasi kemasyarakatan/kemahasiswaan.

"Tidak pernah terlibat tindak pidana atau tidak sedang menjalani proses hukum atas tindak pidana, memiliki minimal 2 akun pada Media Sosial yang berbeda," paparnya.

Sementara itu, lanjut Nurul, para calon harus memenuhi syarat administrasi meliputi menyertaan Curriculum Vitae (daftar riwayat hidup), fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi ijazah SMA atau sederajat, pas poto 4x6 sebanyak empat lembar, pernyataan kesediaan menjadi Agen Sosialisasi.

"Para calon membuat pernyataan tidak menjadi anggota partai politik dan mencalonkan diri menjadi anggota legislatif tsekurang-kurangnya dalam 5 (lima) tahun terakhir. Keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS, pernyataan tidak pernah terlibat tindak pidana atau tidak sedang menjalani proses hukum atas tindak pidana," ujar dia.

Lebih jauh, Nurul menjelaskan bahwa jadwal sosialisasi kegiatan rekrutmen Agen Sosialisasi pada tanggal 11-16 Januari 2018 akan dilakukan melalui website resmi KPU Kota Bekasi

Sedangkan waktu pendaftaran mulai dibuka mulai 17-20 Januari 2018. Para calon diperkenankan mengirim berkas via pos (Cap Pos) atau datang ke Kantor KPU Kota Bekasi, Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur

"Setelah itu, kami akan melakukan seleksi administrasi pada tanggal 22-23 Januari, tanggal 24 Januari akan dilakukan pengumuman lulus administrasi melalui website KPU Kota Bekasi. Dilanjutkan dengan tes tertulis pada 27 Januari di aula KPU Kota Bekasi dan terakhir pengumuman lulus Tahap Akhir pada 30 Januari 2018 melalui website KPU Kota Bekasi," tandasnya. (Tim)

Read more...

KPU Siap Terima Bapaslon

BEKASI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menyatakan siap menerima kedatangan para bakal pasangan calon (Bapaslon) wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada 27 Juni mendatang.

"Hari ini saya bersama jajaran pengurus dan komisiner sudah bersiap menerima kedatangan para Bapaslon," kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi.

Ucu mengaku sudah mendapatkan kabar dari tim penghubung masing-masing Bapaslon yang akan mendaftarkan diri di kantornya.

"Semuanya, malam ini akan melakukan pendaftaran. Kita tunggu sampai pukul 24.00 WIB," tandasnya (Tim)

Read more...

PPS Pengasinan Mulai Perekrutan PPDP

BEKASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mulai melakukan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan yang ada di Kota Bekasi. Perekrutan sedang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Semua PPS sudah melakukan rekrutmen calon anggota PPDP. Insyaallah sesuai tahapan, tanggal 15-17 Januari akan dilantik dan langsung dilanjutkan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) PPDP oleh PPS yang disupervisi oleh PPK," kata Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Tekhnis Perencanaan dan Data, Syafrudin, Rabu (10/1).

Syafrudin menjelaskan, adapun beberapa PPS yang telah melakukan proses perekrutan di antaranya adalah PPS Kelurahan Pengadinan, Kecamatan Rawalumbu. Di sana akan direkrut sebanyak 72 orang petugas PPDP.

"Seluruh calon petugas PPDP wajib membuat surat pernyataan dan mampirkan data diri, surat pernyataan tersebut menyebut bahwa dirinya bukan pengurus partai dan sudah berusia minimal 17 tahun, sehat jasmani dan rohani," ungkap Syafrudin.

Kepala Sekretariat PPS Kelurahan Pengasinan Yudistira menambahkan, petugas PPDP terpilih, selanjutnya bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih sementara di 72 TPS diseluruh wilayah Kelurahan Pengasinan.

Apabila ditemukan pemilih yang sudah meninggal namun namanya masih terdafar di daftar pemilih sementara (DPS), maka nama tersebut harus dicoret atau dihapus dari dafar pemilih sementara. Selain itu, apabila ada warga Kelurahan Pengasinan, belum merekam data elektronik, E-KTP, sehingga namanya belum terdafar di DPS dipersilah datang ke kantor Kelurahan Pengasinan pada hari Senin tanggal 15 Januari 2018 mbesok.

"Karena pada hari itu Petugas Ducapil Kota Bekasi akan datang dan melakukan perekaman E-KTP di Kelurahan Pengasinan,"jelas Yudistira.

Selanjutnya hasil Coklit DPS yang namanya Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) itu dan akan ditempel dikantor PPS Kelurahan Pengasinan.

"Kepada seluruh warga Kelurahan Pengasinan yang memiliki hak pilih pada Pilkada Serentak 2018, dipersilahkan untuk mengoreksi, apakah ada warga yang memiliki hak pilih, namanya belum terdaftar pada DPSHP," kata dia.

Sedangkan jumlah warga Kelurahan Pengasinan sampai hari ini tercatat yang memiliki hak pilih dan sudah terdaftar pada DPS atau daftar pemilih sementara sebanyak 48.704 pemilih, laki-laki. (Tim)

Read more...

Pengamanan Dipertebal, 60 Personil Petugas Gabungan Diterjunkan

BEKASI TIMUR - Pasukan pengaman pendaftaran bakal calon pasangan (Bapaslon) wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada serentak mulai dipertebal. Sekitar 60 personil gabungan diterjunkan pada hari terakhir pendaftaran Bapaslon hari ini, Rabu (10/1).

"Hari ini ada 60 personil, dua hari lalu hanya ada 15 personil. Kami gabungan dengan Polsek lain, seperti Bekasi Selatan," kata Kapolsek Bekasi Timur, Komisaris Parjana, Rabu (10/1).

Para petugas gabungan, kata Parjana, akan diterjunkan ke beberapa titik saat Bapaslon melakukan pendaftaran di Kantor KPU Kota Bekasi. Para petugas akan mengamankan arus lalu lintas dan kondusifitas sekitar Kantor KPU Kota Bekasi.

"Ada yang mengawal Bapaslon dari Alun-Alun Kota Bekasi, Bapaslon dari Partai Golkar - Partai Demokrat pukul 22.00 WIB, sedangkan PKS dan Partai Gerindra titik kumpul di kantor PKS pukul 20.00 WIB, ada juga petugas yang mengatur lalu lintas," kata Parjana.

Karena itu, Parjana mengimbau kepada para partai politik agar saling menjaga kondisifitas saat melaksanakan pendafaran saat menuju kantor KPU maupun di kantor KPU.

"Saya harapkan masing-masing jangan memprovokasi karena ini kebutuhan rakyat banyak, mari sama-sama belajar demokrasi yang baik," tandasnya.

Sebelumnya di ketahui, petugas gabungan yang melakukan penjagaan hanya 30 personil dari kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan pasukan TNI Komando Distrik Militer (Kodim) 05/07 Bekasi. (Tim)

 

Read more...

Logistik Keperluan Pilkada Tiba di Kantor KPU Kota Bekasi

BEKASI TIMUR - Sejumlah Logistik untuk keperluan Pilkada serentak mulai didatangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat ke kantor KPU Kota Bekasi di Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur. Adapun, logistik yang saat ini sudah sampai adalah formulir jenis AA1/KWK dan AA2/KWK.

Kasubbag Umum Keuangan dan Logistik, Sufyan Hariyanto, mengatakan logistik yang dikirimkan KPU Jawa Barat tiba di kantor KPU Kota Bekasi sekitar pukul 05.00 WIB. Logistik tersebut didatangkan dari daerah Purwokerto, Jawa Tengah, menggunakan satu unit Truk Mitsubishi Canter B-1813-BC.

"Nantinya formulir ini akan digunakan untuk keperluan Pemuktahiran data pemilu gubernur, wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota, sedangkan sumber anggarannya dari anggaran hibah Pemilihan Gubernur Provinsi Jawa Barat 2018", ucap Sufyan, Rabu (10/1).

Sufyan menjelaskan, adapun logistik yang dikirimkan berupa formulir jenis AA1/KWK dan AA2/KWK. Untuk formulir A1 sebanyak 510 kotak dengan isi 725.503 lembar dan formulir A2 sebanyak 255 kotak dengan isi 725.503 lembar.

Formulir AA1 dan AA2 ini, kata Sufyan, akan mulai didistribusikan kepada Petugas Pemuktahiran Data Pemilu (PPDP) pada Sabtu (20/1). Kegiatan penelitian dan pencocokan data peserta Pemilu akan berlangsung hingga Minggu (18/2) mendatang.

"Jadi nanti petugas PPDP akan melakukan pendataan kepada masyarakat Kota Bekasi, secara langsung dari rumah ke rumah dengan membawa formulir AA1/KWK dan Formulir AA2/KWK. Setelah didata oleh petugas PPDP nantinya Formulir AA1/KWK ini akan dibagi dua, satu untuk warga itu sendiri (per KK) dan satu untuk petugas, sedangkan formulir AA2/KWKnya akan diberikan kepada warga dan akan ditempelkan di dinding depan rumahnya, karena formulir AA2/KWK ini berbentuk stiker," jelas dia.

Oleh sebab itu, dia berharap petugas PPDP sebanyak 3.030 orang mampu menjalankan tugasnya dalam melakukan pendataan warga yang terdaftar sebagai pemilih. (Tim)

Read more...

Waktu Pendaftaran Bisa Diperpanjang Tiga Hari

BEKASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi akan memperpanjang waktu pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Kota Bekasi 2018. Ini terjadi, ketika hanya satu Bapaslon yang mendaftar ke KPU Kota Bekasi hingga Rabu (10/1) pukul 24.00 WIB.

Seperti yang diketahui, KPU Kota Bekasi membuka pendaftaran Bapaslon dari jalur partai atau partai gabungan sejak Senin (8/1) kemari. Hingga, Selasa (9/1) belum ada satupun partai politik atau gabungan partai politik yang mendaftarkan Bapaslon mereka ke Kantor KPU Kota Bekasi, Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur.

"Jika sampai besok malam pukul 24.00 WIB tidak ada yang mendaftar, maka kami akan memperpanjang waktu pendaftaran," kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, Rabu (10/1).

Sesuai dengan aturan yang berlaku, kata Ucu, perpanjangan waktu pendaftaran akan dilakukan selama tiga hari ke depan. Artinya, Bapaslon yang akan mendaftar masih ditunggu hingga Sabtu (13/1).

"Dengan catatan, hari ini Rabu (10/1) hanya ada satu Bapaslon yang mendaftar," tandas dia. (Tim)

 
Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.