Menu

Items filtered by date: Monday, 08 January 2018

KPU Ajak Pasangan Calon Daftar Lebih Awal

BEKASI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi mengajak kepada bakal pasangan calon (Bapaslon) melakukan pendaftaran di hari awal pembukaan pendafataran, Senin (8/1).

"Soalnya, di hari terakhir kami khawatir akan ada kesalahan syarat pendaftaran, apalagi kalau sampai malam hari. Kalau di awal pembukaan, jika ada kesalahan masih bisa di perbaiki pada kesempatan hari kedua dan ketiga," kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi, Senin (8/1). 

Menurut Ucu, jika Parpol sudah melakukan pendaftaran dan memenuhi syarat, KPU Kota Bekasi bisa langsung meneruskan berkas setiap Bapaslon ke KPU RI.

"Pada tanggal 12 Januari kita akan melakukan tes kesehatan dan 13 Januari dilanjutkan dengan tes psikologis Bapaslon yang telah diusulkan masing-masing Parpol," ujar dia.

Disamping itu, jika hanya satu Bapaslon yang melakukan pendaftaran. KPU Kota Bekasi akan memperpanjang waktu pendafataran.

"Tidak ada masalah jika hany ada satu Bapaslon saja, kami akan perpanjang waktu pendaftaran sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 3, tetapi kami harapkan Parpol dapat mendaftarkan Bapaslonnya di hari awal," tandasnya. (Tim)

 

 
Read more...

Pasangan Calon Wali dan Wakil Wali Kota Ditunggu KPU

BEKASI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi hingga siang ini belum menerima satupun bakal pasangan calon (Bapaslon) wali kota dan wakil wali kota yang melakukan pendaftaran, Senin (8/1).

"Hingga siang ini belum ada penghubung partai politik (Parpol) yang berkomunikasi dengan kami untuk melakukan pendaftaran," kata Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi di kantornya.

Ucu mengatakan, pada Minggu (7/1) malam, KPU Kota Bekasi sudah melakukan simulasi bersama dengan Parpol yang mempunyai kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi.

"Kami menyampaikan kepada parpol harus mempunyai penghubung untuk komunikasi ketika mendaftar, sehingga kami dapat mempersiapkan kebutuhannya," ujar dia.

Meski demikian, kata Ucu, KPU Kota Bekasi akan terus menunggu kedatangan Parpol membawa Bapaslon hingga 16.00 WIB.

"Pada hari pertama dan kedua kami membuka pendaftaran pukul 08.00-16.00 WIB , sementara pada hari terakhir atau tanggal 10 Januari, kami mulai pukul 08.00-24.00 WIB," jelas dia. (Tim)

 
 
Read more...

Pasangan Calon Terbaik Ditunggu di KPU

BEKASI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi resmi membuka pendaftaran bagi bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dam Wakil Wali Kota hari ini, Senin (8/1). Untuk itu, pasangan calon terbaik dari perwakilan partai politik (Parpol) ditunggu kedatangannya di Kantor KPU Kota Bekasi, Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur. 

"Mulai hari ini hingga dua hari ke depan, Rabu (10/1), pengembalian formulir pendaftaran kami tunggu, di hari terakhir Kantor KPU Kota Bekasi buka hingga pukul 24.00 WIB," ungkap Ucu, Senin (8/1). 

Ucu menjelaskan, adapun berdasarkan Surat Keputusan KPU Kota Bekasi Nomor 08/HK.03.1-Kpt/3275/KPU-Kota/IX/2017 tentang Persyaratan Pencalonan untuk Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi Tahun 2018, ada beberapa persyaratan pencalonan untuk Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dapat mengajukan bakal pasangan calon. Di antaranya adalah memperoleh paling sedikit dua puluh persen dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi atau sebanyak 10 kursi atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu DPRD Kota Bekasi Tahun 2014, atau sebanyak 258.748 suara sah. Ketentuan tersebut hanya berlaku bagi Partai Politik yang memperoleh kursi di DPRD Kota Bekasi hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

"Ketentuan ini sudah kami sosialisasikan melalui media masa serta media sosial milik KPU KotaBekasi," jelas dia.

Kerena itu, untuk ketertiban pelaksanaan pendaftaran Bakal Pasangan Calon agar Tim Kampanye atau Tim Penghubung Bakal Pasangan Calon memberitahukan kepada KPU Kota Bekasi paling lambat satu hari sebelum melaksanakan pendaftaran Pasangan Calon. 

Formulir-formulir Pendaftaran Pasangan Calon dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota sebagaimana telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017,  dapat diunduh pada laman KPU Kota Bekasi dengan alamat kpud-bekasikota.go.id atau diambil langsung ke Kantor KPU Kota Bekasi. Dokumen Pencalonan (Formulir-formulir dan Foto Pasangan Calon) dibuat hardcopy dan softcopy untuk di-upload dalam Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

"Kami pun menyediakan nomor operator sebagai wadah penghubung," tandas dia. (Tim)

Read more...

LO Tiap Parpol Dapat Bekal Tahapan Pendaftaran

BEKASI TIMUR - KPU Kota Bekasi memberikan bekal simulasi tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi pada masing-masing Liaison Officer (LO) tiap partai politik (Parpol) di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur, Minggu (7/1) malam. Dalam hal ini para LO partai dibekali informasi tentang mekanisme pendaftaran dan waktu tes kesehatan.

Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi menyampaikan, pendaftaran Bapaslon akan dimulai Senin (8/1) hingga Rabu (10/1). Dengan pertemuan dengan LO masing-masing Parpol penjelasan tentang mekanisme pendaftaran bisa tersanpaikan dengan baik.

“Terutama, agar masing-masing Bapaslon tidak membawa massa sebanyak-banyaknya. Bahkan kami ingin membatasi peran masyarakat dalam tahapan ini,” ungkap Ucu, kemarin.

Menurut Ucu, pengantar Bapaslon saat mendaftar hanya diperbolehkan 30 orang saja. Untuk membatasi pengantar pihaknya telah menyediakan 30 Id-card yang akan dibagikan pada rombongan Bapaslon. 

"Yang boleh masuk hanya yang mendapat Id-card saja, selebihnya mereka harus menunggu di tempat terdekat," kata Ucu.  

Selain itu, lanjut Ucu, LO masing-masing partai harus menginformasikan tentang waktu tes kesehatan Bapaslon dalam Pilkada Kota Bekasi. Tes kesehatan ini akan dilaksanakan selama dua hari, pada 12-13 Januari.

“Untuk tanggal 12 Januari 2018, kita test kesehatan sekaligus, test Narkoba. Dan besoknya, 13 Januari 2018 khusus untuk test psikologi. Soal tempatnya, kita akan laksanakan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta,” tandas Ucu. (Tim)

 

 
Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.