Menu

Lewat Rock The Vote Indonesia, KPU Berikan Pendidikan Politik ke Mahasiswa

Lewat Rock The Vote Indonesia, KPU Berikan Pendidikan Politik ke Mahasiswa

BEKASI TIMUR - KPU Jawa Barat menggelar acara Rock The Vote Indonesia di Kampus Unisma 45 Bekasi, Kamis (12/4). Kegiatan tersebut untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula menjelang Pilkada serentak 27 Juni 2018.

 

Kegiatan yang dilakukan oleh KPU Jawa Barat ini diselenggarakan melalui  kerjasama dari 30 Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, serta dipadukan juga dari mahasiswa CEPP- FISIP UI yang dilibatkan sebagai panitianya.

 

Komisioner KPU Jawa Barat divisi sosialisasi dan SDM, Nani Yuningsih mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula.

 

"Jadi, kegiatan ini beda dengan sosialisasi. Kalau sosialisasikan hanya sebatas menyampaikan program, dan kegiatan, serta tahapan yang dilakukan oleh KPU. Sementara untuk kegiatan ini, kita lebih memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan pemilih untuk gunakan hak pilihnya," ungkap Nani.

 

Menurut Nani, kegiatan ini sudah sembilan kali dilaksanakan oleh KPU sejak awal Maret 2018. Rencananya, kegiatan ini terus dilakukan hingga Mei 2018 nanti. "Konsep kegiatan kita serahkan ke kampusnya, terserah mau dikemas seperti apa mau dengan pertujukan musik, nonton film dan sebagainya," jelas Nani.

 

Namun demikian, diakui Nani, ada persyaratan yang diminta KPU kepada pihak kampus dalam kegiatan itu yakni, menargetkan para peserta dalam kegiatan ini sebanyak 175 orang, dan bisa menggelar simulasi pemungutan suara  kepada peserta sesuai tujuan, memberikan pendidikan dan pemahaman penyelenggaraan Pilkada serentak 2018.

 

"Satu hal lagi, ada dua narasumber yang disiapkan untuk menjadi pembicara dalam kegiatan ini yang dapat memberikan arahan dan pemahaman terhadap para peserta. Jadi, kenapa kami lakukan kegiatan ini karena, potensi pemilih muda sangat tinggi di Jawa Barat. Dari data DPD kami, ada sekitar 9juta pemilih muda di Jawa Barat atau 30% dari total pemilih," tandas Nani.

 

 

Adapun dalam kegiatan ini, selain Komisioner dan staf KPU Jawa Barat. Turut hadir juga Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi bersama Komisioner KPU divisi sosialisasi dan SDM Nurul Sumarheni, dan beberapa stafnya. (tim)

 

 

back to top
Info for bonus Review William Hill here.