Menu

Tidak Menyerahkan LHKPN, Bacaleg Bakal Gugur

Tidak Menyerahkan LHKPN, Bacaleg Bakal Gugur

BEKASI TIMUR – Bakal  Calon Legislatif (Bacaleg) peserta Pemilu 2019 annti, diminta untuk menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN). Jika tidak, maka terancam tidak lolos. Hal ini sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

 

Komisioner KPU Kota Bekasi Divisi Perencanaan dan Data, Syafrudin, menjelaskan bahwa rencana kewajiban menyerahkan LHKPN itu akan diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) tentang Pencalonan Pileg mendatang untuk kali pertama.

 

Dalam Pasal 8 Ayat 1 huruf (v) rancangan PKPU tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota disebutkan para bakal calon harus memenuhi persyaratan telah melaporkan kekayaannya kepada instansi yang berwewenang memeriksa laporan kekayaaan penyelenggara negara.

 

Sementara dalam Pasal 9 Ayat 1 huruf (j) menyatakan pelaporan harta kekayaan para bakal calon dinyatakan dengan bukti tanda terima penyerahan laporan harta kekayaan pribadi/pejabat negara dari KPK.

 

“LHKPN itu wajib diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selanjutnya, bukti pelaporan tersebut diserahkan ke KPU sebagai syarat pencalonan pada pileg,” jelas Syafrudin.

 

Karena itu, konsekuensi jika persyaratan pencalonan itu tidak dipenuhi adalah caleg yang bersangkutan tidak diloloskan sebagai peserta Pemilu 2019 mendatang.(tim)

 

back to top
Info for bonus Review William Hill here.