Menu

Sebelum Mencoblos, Pastikan Surat Suaranya Sah

Sebelum Mencoblos, Pastikan Surat Suaranya Sah

BEKASI SELATAN- Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 sebentar lagi, yakni pada tanggal 27 Juni mendatang. Untuk itu, masyarakat Kota Bekasi diminta mengetahui tahapan cara menggunakan hak suaranya.

Komisioner KPU Kota Bekasi Yayah Nahdiyah menyampaikan, masyarakat yang akan melakukan proses pemungutan suara di bilik suara TPS masing-masing, hendak lebih teliti untuk mengecek surat suaranya.

Menurutnya, hal ini untuk memastikan surat suara yang akan di coblos benar-benar sah. "Jadi, di cek dulu sebelum mencoblos apakah surat suara sudah ditandatangani KPPS atau belum," kata Yayah Nahdiyah saat Sosialisasi kepada BKM, Ormas, LSM, Agen Relawan.

"Jadi, surat suara akan dianggap sah apabila di tandatangani oleh Ketua KPPS. Selain itu, dimohon agar diteliti juga khawatir surat suara yang digunakan sudah dicoblos atau dalam kondisi rusak," sambung Yayah.

Lebih jauh, diakui Yayah, kalaupun masyarakat menemukan surat suara yang di nilai tidak sah, maka diizinkan untuk meminta atau menukar surat suaranya kepada petugas KPPS."Jangan takut untuk melaporkan, dan menukar surat suara kepada petugas.  Sebab hal ini diperbolehkan oleh KPU," ucap Yayah.

Yayah menambahkan, terkait surat suara sah dalam Pilkada serentak 2018 kali ini, tidak berbeda jauh dalam penyelenggaraan sebelumnya yang penting pemilih mencoblos didalam gambar paslonnya.

"Kalaupun ada dua atau tiga lubang, tapi masih di dalam kotak gambar paslon itu sah kecuali  ada lubang diluarnya itu tidak sah. Intinya, surat suara sah jika dicoblos di kotak gambar paslon, sedikit saja diluar jadi tidak sah," tandas Yayah. (Tim)

 

 

back to top
Info for bonus Review William Hill here.