Menu

Pendukung Dipersilahkan Antar Paslon Mendaftar

Pendukung Dipersilahkan Antar Paslon Mendaftar

BEKASI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekas mempersilahkan pendukung pasangan calon untuk mendampingi ketika mendaftar pada 8 hingga 10 Januari mendatang. Hanya saja, para pendukung diminta untuk mengedepankan ketertiban umum.

Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi menyatakan, tidak mempermasalahkan jika terdapat kelompok pendukung salah satu pasangan calon mendampingi saat mendaftar pada salah satu tahapan Pilkada Kota Bekasi 2018. kedatangan mereka merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pasangan calon yang mereka dukung. Sehingga, kegiatan pendampingan tersebut merupakan hal yang lumrah.

“Tidak ada masalah kalau mau datang. Yang penting jangan sampai menggangu ketertiban tahapan yang sedang kami jalani," ujar Ucu, Rabu (3/1).

Menurut Ucu, KPU Kota Bekasi telah melakukan koordinasi dengan Polres Metro Bekasi Kota. Ini dilakukan untuk pengamanan saat berlangsungnya pendaftaran pasangan calon, pekan depan. Kehadiran petugas keamanan ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ucu juga mengatakan, ketika mengantar pasangan calon agar pendukung tidak mengganggu ketertiban lalu lintas (lalin). Mereka harus mematuhi kedisiplinan. Sehingga, ketika berlangsungnya tahapan dapat dipastian sesuai rencana KPU Kota Bekasi.

"Kalau tahapan sudah berlangsung, mereka mau ngapain itu terserah. Mereka harus jaga ketertiban saat berlangsungnya pendaftaran pasangan calon," tegas Ucu.

Pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota baru memasuki tahapan pengumuman sejak  1 hingga 7 Januari. Saat ini, KPU Kota Bekasi telah mengumumkan dan segera menyebarkan formulir kepada seluruh partai politik (parpol).

Kasubag Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas) KPU Kota Bekasi Thomas Ikbal menjelaskan, pelaksanaan pendafaran pasangan calon dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 pada hari pertama dan kedua. Pada hari terakhir, batas waktu pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 hingga 00.00.

"Kalau mendaftar lewat dari jam 00.00 atau sudah memasuki tanggak 11 itu tidak sah," kata Thomas.

Nantinya, pihak parpol yang berbak memasuki area pendaftaran hanya dari calon dan Liasion Officer (LO). Mereka nanti akan dipandu oleh petugas panitia untuk mengisi pendaftaran.

Dia juga memastikan pada pesta demorkasi Kota Bekasi 2018 tidak ada pasangan independen. Pasalnya, pada saat proses verifikasi tak ada calon yang mengajukan melalui perseorangan.

"KPU Kota Bekasi sudah memutuskan tidak ada yang melalui jalur perseorangan atau independent. Kami berharap, pasangan calon juga melengkapi berkas pendaftaran," tandasnya. (Tim)

back to top
Info for bonus Review William Hill here.