Menu

KPU Dongkrak Partisipasi Pemilih Pemula

KPU Dongkrak Partisipasi Pemilih Pemula

BEKASI SELATAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi memprediksi, dalam pilkada 2018 nanti akan ada 209 ribu lebih pemilih pemula atau sekitar 20 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada.

Anggota KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilh dan Pengembangan SDM
Nurul Sumarhenimengatakan,  Pemilih pemula tersebut  berasal dari kalangan pelajar SMA-SMK yang usianya masuk 17 tahun.

"Kalau lihat realnya aja sekolah SMA Negeri aja udah ada 22. Kalau asumsinya satu sekolah ada 700 siswa yang jadi pemilih pemula, dikali 22 itu berarti angkanya kurang lebih 209 ribu potensinya, itu belum di tambah sekolah Swasta," ujarnya, Rabu (6/12)

Dia mengatakan, jumlah ini juga akan terus bertambah lagi pada pilpres tahun 2019 mendatang. Dimana penambahan tersebut diprediksi akan bertambah sekitar 100 ribu Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari pemilih pemula.

"Amat disayangkan kalau di tahun 2013 lalu, jumlah partisipasi pemilih hanya 49 persen dari total DPT. Kita berharap, dengan para pemilih pemula yang totalnya mencapai 20 persen DPT ini bisa membantu mendongkrak presentasi parsipasi pemilih di tahun 2018 nanti," ungakapnya.

Pihaknya mengaku, sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Sosial untuk mendata potensi pemilih jelang Pilkada 2018.

"Untuk pemilih pemula, kami koordinasi dengan Dinas Pendidikan, penyandang disabilitas dengan Dinas Sosial, dan Disdukcapil untuk pemilih umum," katanya.
(tim)

back to top
Info for bonus Review William Hill here.