Menu

KPU Sampaikan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih

KPU Sampaikan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih

BEKASI TIMUR-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menggelar rapat penyampaian pedoman teknis pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, Senin (28/11) malam. Dalam rapat ini komisioner KPU menyampaikan jadwal pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih pada anggota Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi menyampaikan, tujuan adanya rapat tersebut adalah untuk menyampaikan jadwal pemutakhiran data pemilih Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Hal ini merupakan bahan bimbingan teknis dari pemutakhiran data pemilih dan pedoman teknis pemitakhiran data pemilih Pilgub Jawa Barat 2018, Kamis (23/11) sampai Jumat (24/11) kemarin.

“Hasil bimtek tersebut kami tindaklanjuti sampaikan ke Ketua PPK dan Divisi Pemutakhiran data lemilih,” ungkap Ucu, Senin (27/11).

Ucu menjelaskan, pemutakhiran data pemilih akan dimulai pada awal Januaria 2018. Hal ini amat penting untuk disampaikan ke anggota PPS.

Tujuan pemutakhiran data pemilih ini nantinya untuk mendapatkan Daftar Pemilih Model 4 (DP4). Di mana daftar tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai data sah pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi.

“Oleh PPDP daftar model A dibawa ke domisili sesuai dengan daftar dan dicek satu persatu,” jelas dia.

Petugas, lanjut dia, akan mengecek satu persatu nama dalam model A sesuai domisili calon pemilih. Apabila masih ada anggota keluarga yang berpotensi memilih belum masuk dalam daftar akan ditambah.

Sebaliknya, apabila petugas menemukan keganjilan data maka akan segera diverifikasi ulang atau dicoret. “Verifikasi ini akan dilakukan hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbentuk,” tutup dia. (Tim).

back to top
Info for bonus Review William Hill here.