Menu

Perkuat Wawasan PPK Dan PPS Lewat Raker

Perkuat Wawasan PPK Dan PPS Lewat Raker

Cianjur- Ketua KPU Kota Bekasi Ucu Asmara Sandi menyampaikan, apabila kegiatan Raker Pembekalan PPK dan PPS se-Kota Bekasi sangat penting, demi terlaksananya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, serta Walikota dan Wakil Walikota Bekasi 2018.

Menurutnya, Raker yang berlangsung selama dua hari ini di Ciloto Indah Permai, Puncak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Minggu dan Senin, 12-13 November 2017, dilakukan dalam rangka persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Walikota dan Wakil Walikota Bekasi 2018.

"Raker pembekalan PPK dan PPS sangat penting sebab, bertujuan untuk memberi tambahan pemahaman terkait tata kerja dan uraian kerja yang akan dilakukan dalan tugas dan fungsinya pada setiap tahapan-tahapan Pilkada nanti," kata Ucu saat Pembukaan Raker Pembekalan PPK dan PPS di Ciloto, pada Minggu (12/11) malam.

Lebih lanjut, diakui Ucu, sangat penting kegiatan ini juga lantaran, Tahun ini dirinya melihat mayoritas para PPK dan PPS hampir mayoritas diikuti oleh muka-muka baru, dan baru pertama kali menjadi PPK dan PPS dalam penyelengaraan Pemilu atau Pilkada, serta mungkin sisanya ada yang sbelumnya jadi PPS, sekarang jadi PPK.

"Saya melihat dari PPK dan PPS sekarang, memang ada yang pernah tapi hampir mayoritas muka-muka baru tahun ini. Dan dalam proses Pemilu atau Pilkada tahun ini juga, ada hal baru dari aturannya. Jadi perlu disampaikan agar nantinya, saat pelaksanaan tahapan-tahapannya mereka tahu tugas dan fungsinya," jelas Ucu.

 

Lagipula, kata Ucu, sesuai peraturan KPU no 3 tahun 2015 hal ini menjadi kewajiban sebagai  penyelenggara Pilkada untuk memberikan pembekalan kepada seluruh petugas pelaksana/penyelenggara Pilkada, sampai dengan petugas KPPS.

 

"Salah satu pembekalan yang dipaparkan kepada para PPK dan PPS soal kode etik dan perilaku. Dan ini menjadi kewajiban buat mereka agar tahu dan paham, serta bisa dijalankan sebaik-baik kala menjalankan tugasnya," ujar Ucu.

 

 

"Berdasarkan pemilu sebelumnya, kami telah mengidentifikasi persoalan dan permasalahan yang sering timbul pada pelaksanaan Pilkada lalu, dan kegiatan ini termasuk KPU dalam memberikan upaya penyelesaiannya, agar tidak kaget saat menjalankan tahapan-tahapannya nanti. Selamat menjalankan Raker, semoga Allah meridhoinya," sambung Ucu. (TIM)

back to top
Info for bonus Review William Hill here.